Kamis, 05 Januari 2012

WEB & BLOG


A.                       Pengertian Web dan Blog
Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog).
Website sendiri merupakan sebuah kumpulan halaman-halaman situs yang tersimpan dalam sebuah server/hosting, dan teridentifikasi melalui sebuah nama yang disebut juga sebagai domain atau sub domain(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web).
B.                       Fungsi Web dan Blog
a. Fungsi Blog                                              
1.                   Blog sebagai jurnal online yang berfungsi menampilkan pemberitaan informasi-informasi dengan topik tertentu seperti informasi produk, gadget dan lain-lainnya
2.                   Blog berfungsi sebagai website pribadi untuk tujuan membangun branding. Anda dapat membangun branding untuk diri anda sendiri dengan menggunakan blog, caranya Anda postingkan artikel-artikel sesuai dengan branding position diri Anda
3.                   Blog berfungsi sebagai diary online. Anda dapat menuliskan berita apa saja seputar diri Anda, baik kegiatan yang Anda lakukan, hasil pemikiran, sharing pendapat, dan lain2.
4.                   Blog berfungsi sebagai website komunitas dimana setiap orang bisa melakukan subscribe sebagai member dan mempostingkan artikel-artikelnya
5.                   Blog Berfungsi sebagai iklan baris dimana si pemasang iklan dapat melakukan    subscribe pada blog dan mempostingkan iklannya
6.                   Blog berfungsi sebagai website yang menampilkan gambar-gambar, video-video dan lain-lainnya
b. Fungsi Website:
1.                   Menampilkan segala informasi positif  dan Promosi produk








2.    Media menyampaikan materi pendidikan dan inspirasi, motivasi serta ekspresi, media dakwah, juga untuk menampilkan agenda organisasi.
3.                   Membentuk Brand  Image perusahaan dan instansi atau komunitas.
4.    Memperluas target market serta mempercepat pelayanan dan informasi ke pelanggan dan anggota.
5.                   Memudahkan interaksi dan akses informasi 24 jam dari seluruh dunia
6.                   Mengangkat segala potensi kepada internasional

C.                       Manfaat Web dan Blog
Beberapa manfaat Web dan Blog
a.                    manfaat blog:
1.               Sarana belajar menulis
Dengan memiliki blog anda wajib menulis bagaimanapun cara nya. Blog anda harus diisi secara berkala baik itu dengan berbagai artikel atau cerita yang bisa anda buat sendiri.
2.               Sarana promosi diri
manfaat blog yang kedua adalah sebagai media promosi diri.anda yang berprofesi di bidang apapun bisa memperkuat pandangan orang tentang diri anda dengan menulis di blog, orang lain yang membaca akan mengenal anda baik secara personal maupun secara impersonal .di blog anda juga bebas mengungkapkan ideologi anda dan menyebarkan pesan-pesan yang baik. Sarana promosi produk dan jasa
Banyak orang yang menggunakan blog sebagai sarana promosi. Jika dulu anda harus membuat sebuah website sebagai toko online untuk menjual produk, maka saat ini blog juga bisa menjadi toko online anda.
Di blog, anda juga bisa memaparkan berbagai informasi produk yang anda jual. Selain itu, anda juga bisa menjelaskan prosedur dan tata cara pembelian produk dan jasa anda.











3.               Sumber Penghasilan
Penghasilan bisa anda peroleh saat produk anda berhasil dijual melalui blog. Namun ada cara lain untuk meraih penghasilan dengan memanfaatkan blog. Jika anda tahu tentang adsense yang ditawarkan Google, maka anda akan tahu bahwa blog juga bisa anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari adsense Google. Anda hanya perlu mendaftarkan diri pada adsense GoogleTempat curahan hati.
Manfaat blog lainnya yang juga bisa anda raih adalah sebagai tempat curhat dan menulis diari serta perjalanan hidup anda. Kalau dulu anda harus menulis diari dalam sebuah buku, saat ini anda bisa melakukannya secara online. Anda juga bisa mengatur tingkat kerahasiaan tulisan di blog anda sehingga tidak semua orang bisa membaca tulisan anda.
b.                   Manfaat Website
1.    Meningkatkan citra profesionalisme bisnis. Website akan mewakili bisnis atau produk dipasar bisnis yang meningkatkan visibilitas, kredibilitas dan kepercayaan bisnis atau produk sebuah bisnis.
2.    Menurunkan biaya operasional. Dengan menggunakan website dan email sebagai media komunikasi, anda bisa menurunkan biaya mencetak, biaya operasional membuat brosur promosi dan biaya sebar brosur serta biaya pengiriman dokumen atau surat.
3.    Media promosi dan penjualan setiap saat. Website dapat beroperasi 24 jam dalam sehari dan 365 hari per tahun non-stop. Ini berarti seluruh informasi bisnis bisa diakses banyak orang setiap saat.
4.    Menyajikan informasi lebih lengkap dan aktual. Website dapat memuat informasi jauh lebih lengkap dan aktual ketimbang media promosi lainnya.
5.    Bersifat Global, meluas, aktual, dan murah. Melalui website, Anda dapat melakukan promosi penjualan ke penjuru Indonesia dan bahkan ke penjuru dunia.
D. Perbedaan Web dan Blog
a.      Membuat blog lebih mudah dari pada web, karena seorang yang mampu membuat web adalah orang yang menguasai bahasa php, mysql ataupun cms.
b.      Kita memerlukan hosting sebagai media penyimpanan materi web kita, dan uploadnya pun cukup susah. Apabila kita membuat blog maka otomatis kita sudah membuat hosting di blog kita.
c.       Blog adalah produk dari google oleh karena itu blog lebih mudah dikenal di search engine Google sendiri. Dari pada website meskipun blog yang menggunakan nama domain gratisan.







d.      Untuk memosting di blog lebih mudah , dan tidak ribet dibanding kita memasukan data diweb. Blog juga memungkinkan interkasi antara pemilik blog, dan pengunjung. Pengunjung juga dapat meninggalkan pesan dalam blog tersebut.

E.                        Pembuatan Web Dan Blog
Seiring  dengan perkembangan teknologi internet, semakin banyak cara yang dapat dilakukan dalam pembuatan website. Tentu saja cara yang paling banyak diminati adalah cara yang mudah dan dapat menghasilkan website yang aman dan menarik dari segi tampilan.
Pembuatan website dengan Joomla adalah salah satu cara tersebut. Seseorang yang akan membuat website dengan Joomla tidak   harus memiliki latarbelakang pendidikan berbasis teknologi informasi. Karena kemudahan  dan kecepatan  dalam  proses  pembuatan  website,  ada  yang mengatakan bahwa membuat websitedengan Joomla semudah memasak mie instan.
CMS (Content Management System) adalah software yang mampu mengelola isi atau content dari sebuah website seperti melakukan publikasi  , edit maupun menghapus isi content. Joomla, Mamboo, PHPNuke dan Aura CMS hanyalah secuil dari CMS yang ada di dunia internet. Masih terdapat ratusan CMS yang tersedia, namun Joomla merupakan salah satu CMS yang sangat terkenal dan mendapat dukungan yang sangat luas dari komunitas serta bisa didapatkan secara gratis.
Joomla sebenarnya merupakan varian dari CMS terdahulunya yang sampai saat ini pun masih berkembang yaitu MAMBO. Jadi, Joomla merupakan web berbasis CMS dan bersifat opensource.









Gambar 1.1 Logo Joomla

Website mana saja yang sudah menggunakan Joomla ? Berikut contoh website yang dibuat dengan Joomla:
1.  http://vet-indo.com (situs tentang penyakit binatang)
2.  http://www.tnawrestling.com (situs tentang wrestling)
3.  http://rakhoshi.com (situs games Warcraft)
4.  http://www.lettolink.com (situs band di Indonesia)
5.  http://www.xl.co.id (Pro XL)
6.  http://www.id-joomla.com (komunitas joomla Indonesia)
7.  http://www.unand.ac.id (Universitas Andalas)
8.  http://www.erlangga.co.id (Penerbit Erlangga)
9.  http://www.joomla.org (web resmi Joomla)


Bagaimana cara penginstallan Joomla ?

Ada dua cara penginstallan Joomla, yaitu penginstallan secara offline dan online.


Penginstallan secara online/remote
Jika Anda ingin menginstall secara online, maka terlebih dahulu Anda harus memiliki domain dan hosting, yang dapat diperoleh secara gratis atau jika Anda ingin memiliki domain yang bagus dan hosting yang aman, maka Anda harus membeli di domain dan hosting provider. Jika Anda membeli domain dan hosting Anda akan memperoleh domain, misalnya: namaAnda.com, nama Anda.net, namaAnda.org dan lain lain. Selain itu Anda akan memperoleh kapasitas hosting untuk menyimpan file-file Anda sehingga website Anda dapat diakses dari seluruh dunia.
Setelah Anda membeli domain dan hosting, berikut langkah-langkah praktis dalam penginstalan secara online:
1.  Masuk ke CPanel dengan username dan password Anda, biasanya:
         
namadomainAnda.com/cpanel
2.  Klik Fantastico
3.  Pilih Joomla dan lakukan langkah-langkah penginstallan
4.  Mendesain ulang Joomla Anda dan membuat konten untuk website Anda
5.  Update website Anda


2







Penginstallan secara offline
Yang dimaksud penginstallan secara offline adalah penginstallan ke komputer Anda sendiri sehingga Anda mempunyai hak akses secara langsung. Beberapa komponen yang dibutuhkan dalam instalasi:
1.  Webserver Apache
2.  Komponen scripting PHP
3.  Database server MySQL
Tentu saja proses instalasi dapat dilakukan di sistem operasi Windows dan Vista. Langkah yang lebih mudah untuk menginstall semua paket software di atas di Windows adalah dengan menggunakan WAMP Server (Windows, Apache, MySQL dan PHP) atau menggunakan XAMPP. Dalam tutorial ini akan digunakan XAMPP
1.5.3. Berikut langkah-langkah instalasinya:        


1.  Buka file xampp-win32-1.5.3-installer di jaringan LAN istiyanto atau kom_a32,
    yang terdapat di folder CMS_Kelas_XI
2.  Double klik dan lakukan penginstallan seperti biasa
3.  Pilih Bahasa Next   dan seterusnya, tidak dituliskan secara detail selama
tidak ada yang istimewa
4.  Tunggu sampai proses instalasi selesai    Finish











Gambar 1.2 Konfirmasi Akhir Penginstallan XAMPP


Instalasi Joomla
Berikut langkah-langkah instalasi Joomla:
1.  Buka file Joomla 1.0.12-Stable melalui LAN
2.  Klik Next     I accept this Agrement dan seterusnya
3.  Install to this macine
4.  Save   file   into   folder:   klik   Browseletakkan   di   C:\Program
Files\htdocs\latihan

3






Folder latihan dibuat terlebih dahulu (File    New Folder)


















Gambar 1.3 Pembuatan Folder Latihan

5.  Klik OK     Klik my web server is not running yet
6.  Klik OK     tunggu sampai proses intalasi selesai    Finish








Dapatkan tutorial-tutorial komputer, soal-soal matematika, soal-soal TIK, modul TIK, modul
matematika di http://istiyanto.com. Kini Anda dapat berlangganan dan menerima berita-berita terbaru dengan e-mail Anda secara gratis. Jangan sampai ketinggalan !!!



Set Up awal Joomla
1.  Pastikan  aplikasi  xampp  aktif,  bila  belum  aktif,  aktifkan  melalui  Start
     
Programs    apachefriends    xampp    CONTROL XAMPP SERVER PANEL











4





Gambar 1.4 Control XAMPP Server Panel




Gambar 1.5 Ikon XAMPP Aktif


2.  Buka browser Anda, misalnya IE atau Firefox: http://localhost/latihan, jika
    
belum jalan, pastikan bahwa proxy Anda dimatikan
3.  Jika benar, maka akan keluar jendela Pre-Installation Check









Gambar 1.6 Alamat URL Instalasi Joomla



4.  Klik Next     Next









Gambar 1.7 Pre-installation Check


5.  Pada Step 1 isikan data-data berikut ini:













5


























Gambar 1.8 Konfirmasi Host Name, User dan Database



6.  Klik Next, isikan sitename, bebas, misalnya: This is My First CMS    Next







Gambar 1.9 Konfirmasi Site name

7.  Isikan  email  Anda  dan  ganti  password dengan password yang mudah
     
diingat









Dapatkan tutorial-tutorial komputer, soal-soal matematika, soal-soal TIK, modul TIK, modul
matematika di http://istiyanto.com. Kini Anda dapat berlangganan dan menerima berita-berita terbaru dengan e-mail Anda secara gratis. Jangan sampai ketinggalan !!!




6






















Gambar 1.10 Konfirmasi Email dan Admin Password

8.  Klik  Next  dan  proses  instalasi  selesai  dan  Anda  akan  mendapatkan
     
keterangan seperti berikut:











Gambar 1.11 Instalasi Selesai

9.  Anda dapat langsung klik View Site atau buka browser Anda kembali dan
    
ketikkan alamat url Anda, misalnya: http://localhost/latihan
10. Jika belum berhasil, hapus folder: installation yang terdapat di:
    
C:\Program Files\xammp\htdocs\latihan






Gambar 1.12 Penghapusan Folder Installation


11. Buka browser Anda kembali    F5 (Refresh)

7




12. Jika Anda ingin melakukan dsain ulang, gunakan fasilitas Back-End
     
http://localhost/latihan/administrator













Gambar 1.13 Back-End Joomla


13. Selamat bersenang-senang dengan JOOMLA !!!!


NEXT TUTORIAL:
1.  Front-End (hasil jadi) dan Back-End (pengelolaan dari sisi Admin) Joomla
2.  Intalasi Template
3.  Pengelolaan Content: Section Manager, Category Manager, Content
         
Items Manager, Static Content Manager, Front Page Manager
4.  Joomla Components: Banners, Contact, News Feed, Syndicate, Weblinks
         
dan lain-lain
5.  Modules
6.  Keamanan Joomla
TUGAS ANDA:

1.  Modifikasilah tampilan/template Joomla Anda
2.  Gantilah banner Anda, gunakan Photoshop
3.  Hilangkan menu-menu yang tidak perlu dan tambahkan menu-menu
         
yang dibutuhkan
4.  Isilah konten-konten website Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

macam2 sistem informasi